• MTS AT TAUHID SURABAYA
  • BERTAUHID, BERILMU DAN BERAKHLAKUL KARIMAH

DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS

https://mtsattauhidsby.ponpes.id - Kamis, 12 Januari 2022, salah satu aktivitas di madrasah adalah berkomunikasi dengan teman sebaya ataupun dengan guru. Dalam berkomunikasi tersebut banyak kemungkinan yang bisa terjadi, mulai dari sekedar menyapa hingga bertukar pikiran atau pandangan terhadap suatu hal. Yang terakhir ini lebih cocok disebut sebagai kegiatan diskusi.

Diskusi bisa dilakukan oleh siapa saja maupun pada momen apapun, selama ada lawan bicara yang mau diajak untuk membahas sesuatu. Topik bahasan pun beragam, mulai dari hal remeh seperti benda kecil di rumah hingga isu besar yang sedang terjadi.

Dalam lingkup madrasah, diskusi dapat menjadi alat untuk membahas topik pembelajaran ketika kelas berlangsung. Proses diskusi dapat berlangsung antara guru dan siswa maupun antar siswa dalam kelas. Kegiatan ini tidak hanya mampu membantu siswa untuk saling bertukar pikiran, tetapi juga dapat membantu mereka untuk memahami pembelajaran sekaligus berlatih menyampaikan pendapat.

Adapun beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh siswa ketika momen diskusi di kelas berlangsung adalah sebagai berikut:

  • Melatih keberanian siswa untuk berani untuk mengeluarkan pendapatdengan bebas tanpa tekanan dari siapapun
  • Membina siswa agar mampu berpikir secara kritis dan kreatif serta menumbuhkansikap inovasi dalam dirinya.
  • Memupuk rasa toleransi dan belajar menghargai pendapat orang lain
  • Melatih siswa untuk mempraktikkan pengetahuan yang dimiliki dihadapan teman-temannya.

Sebelum memulai presentasi, kelompok siswa yang maju bisa membagikan print out atau lembar cetak materi kepada siswa lainnya. Ini agar memudahkan mereka untuk mendalami materi. Ketika sesi diskusi berlangung, pastikan dalam kelompok tersebut menyiapkan notulen atau orang yang khusus mencatat apa yang ditanyakan siswa termasuk tanggapan dari guru dalam sesi diskusi.

Komentari Tulisan Ini